Cari Blog Ini

Senin, 06 Februari 2017

Servis Rem Cakram Motor

Rem adalah salah satu bagian yang sangat vital dari semua kendaraan di jalan.Mobil motor bemo bahkan becakpun perlu rem. Motor supra tahun 2001 mula mula sih enak saja dipakai berkendara, tetapi umur yang usang membuat part motor juga aus, salah satunya adalah rem cakram depan. Rem ini sudah ganti kampas beberapa kali, tetapi belum pernah ganti oli rem..bayangkan lebih dari sepuluh tahun.. oli rem masih orisinil..Akibat termakan umur ini rem menjadi keras dan berat. setelah googling cukup lama dapat ide untuk mengganti oli dan seal rem cakram.

A. Cara Bongkar



  1. Langkah pertama lepas ban depan, dari pada melepas baut bintang pada dudukan kaliper di sok depan.(perlu kunci hexagonal atau bintang).
  2. Lepaskan kampas rem dengan melepas 2 baut pelindung (baut minus) dan baut pin kampas.(hexagonal )
  3. Buka reservoir oli rem di setang, pompa rem sampai tabung/piston rem menonjol keluar, tambahkan oli minyak di reservoir jgn sampai habis (gelembung udara masuk).
  4. Putar pelan  dengan tang yang di lapisi kain agar tidak merusak lapisan chromnya..jika satu piston belum mau keluar...hati hati muncratan oli..( asumsi saya oli sudah jelek dan harus diganti..jika oli masih mau digunakan jangan gunakan cara ini)!!
  5. Bersihkan kaliper dan semua part dengan air sabun.keringkan dg diangin anginkan atau kompressor
  6. Bersihkan piston rem dengan kain halus atau amplas halus untuk menghilangkan kotoran/karat atau dalam kasus saya, karet seal yang menempel /lengket.
  7. Lepaskan Seal karet piston dengan dicongkel pinset , ganti baru, saya beli di bengkel 1 set 9 ribuan (KW KW an)  yang asli pasti lebih mahal dan sy rekomendasikan pakai yang asli.


Cara pasang:


  1. Pastikan tidak ada air /kotoran di selang dan kaliper,
  2. Buka Buangan oli dengan cara melepas/memutar baut buangan/nipple beberapa putaran.
  3. Masukkan Piston rem dengan hati hati.
  4. Pasang Kaliper dengan memberikan paselin pada dudukannya.
  5. Pasang  kampas baru 
  6. Pasang Ban.
  7. Niple tetap dikendurkan, pasangkan selang untuk menampung oli yang masih tercampur udara ke wadah yang bersih, bisa gelas atau botol plastik yang bersih.
  8. Mulailah mengisi tabung reservoir di setang dengan oli baru, pompa/tarik handel rem sampai oli masuk tabung kaliper, dan piston menekan kampas rem ke piringan/cakram rem.
  9. Perhatikan oli rem yang keluar dari selang, jika masih bercampur udara, terus dipompa dengan menambahkan oli di reservoir.(jangan sampai kehabisan).
  10. Jika oli sudah tidak tercampur udara, tahan pompaan rem jgn dilepaskan, baru kencangkan baut nipple oli.
  11. Lepaskan pompa, lau pompa lagi sampai keras, cek oli rem. 
  12. Tutup reservoir oli cek ketinggina oli jika masih kurang ditambah lagi.
  13. Selessai..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar